Minggu, 13 November 2011

Manfaatkan Wireless untuk koneksi laptop ke laptop

Bagaimana caranya menghubungkan laptop dengan laptop lain, milik teman misalnya, jika kita berada jauh dari tempat kerja atau rumah yang tidak mungkin ada kabel jaringan yang tersedia dan terhubung ke laptop.
Jangan panik dulu apabila anda sangat membutuhkan pertukaran data/informasi antar laptop. Manfaatkan jaringan wireless yang sudah tersedia pada laptop anda dengan melakukan sedikit settingan pada windows agar laptop anda akan segera terhubung secara wireless ke laptop rekan anda.
Untuk melakukan koneksi antar laptop (2 buah laptop)/wireless peer to peer maka ikuti langkah berikut

karena ada 2 (dua) buah laptop dan untuk membedakan kedua laptop maka sebagai contoh saya berikan nama laptop1 dan laptop2

Settingan untuk laptop 1 :

Double klik/klik dua kali pada icon Wireless Network Connection yang berada di sebelah kanan bawah layar monitor sehingga muncul jendela Wireless Network Connection Setup di situ ada dua tab/menu yaitu General dan Support, secara default sudah berada pada General maka klik Properties untuk masuk ke jendela Wireless Network Connection Properties untuk mensetting IP Addressnya.
Pada tab General klik atau pilih Internet Protocol (TCP/IP) kemudian klik properties untuk masuk ke jendela Internet Protocol (TCP/IP) Properties).

Masukan alamat ip address untuk laptop1 192.168.0.1, subnet mask 255.255.255.0 dan Default Gateway 192.168.0.1

setelah menentukan alamat IP pada laptop1 dan klik OK sehingga kembali ke window/jendela Wireless Network Connection Properties, klik tab Wireless Networks, kemudian klik Advanced dan pilih Computer-to-computer (ad hoc) networks only dan klik Close. Untuk settingan laptop1 sudah selesai dan sekarang lanjut ke settingan untuk laptop2


Settingan untuk laptop 2 :

Double klik/klik dua kali pada icon Wieless Network Connection yang berada di sebelah kanan bawah layar monitor sehingga muncul jendela Wireless Network Connection Setup di situ ada dua menu yaitu General dan Support, secara default sudah berada pada General maka klik Properties untuk masuk ke jendela Wireless Network Connection Properties untuk mensetting IP Addressnya.

Pada tab General klik atau pilih Internet Protocol (TCP/IP) kemudian klik properties untuk masuk ke jendela Internet Protocol (TCP/IP) Properties).

Masukan alamat ip address untuk laptop2 192.168.0.2, subnet mask 255.255.255.0 dan Default Gateway 192.168.0.1

setelah menentukan alamat IP pada laptop1 dan klik OK sehingga kembali ke window/jendela Wireless Network Connection Propertis, klik tab Wireless Networks, kemudian klik Advanced dan pilih Computer-to-computer (ad hoc) networks only dan klik Close. Untuk settingan laptop1 dan laptop2 sudah selesai dan laptop1 dan laptop2 sudah bisa melakukan pertukaran informasi atau file






Selamat mencoba

0 komentar:

Posting Komentar