Kamis, 03 November 2011

CARA KONEKSI DATABASE MYSQL KE VISUAL BASIC 6.0

Sudah sebulan lebih saya tidak mengupdate blog ini, dikarenakan kesibukkan didunia nyata …hallllaaaah… sebenernya karena  emang lagi males aja (kalo lagi keluar malesnya nggak satu kata pun mau meluncur dari jari-jari ini huupsss sebelnya…)…
Oke kali ini saya akan membahas trik bagaimana membuat koneksi database mysql ke VB 6 . Tentu saja trik ini ditujukan untuk pemula/nubie seperti saya, bagi para master tinggalkan wang dolar segepok buat saya… eehh maksudnya… tinggalkan jejak aja dikolom komen di bawah he… he…. he….
Pertama kali komputer anda insall windows 7 ultimate nantinya biar lebih gampang dalam mengolah VB 6.....weekkKKKKK
Perhatikan Langkah-langkah Koneksinya,jangan ampe berkedip:::

1.Enaknya anda Instal dulu driver mysql-connector-odbc-3.51 bit 32,untuk download klik di sini
2.Setelah penginstalan driver udah selesai,kita ke tahap selanjutnya yaitu menyetting data source pada komputer kita.caranya: kita liat langkah ke 3.....heeee
3. Pada komputer kita,klik Control Panel--system and security-pilih Administrative Tool-Data Sources(ODBC)
4. Pada dBASE files pilih ADD:














5. Selanjutnya kita Create new data source,dengan cara Klik pada Mysql ODBC 3.51 Driver..liat gambar bawah ini;

















6.Isikan seperti di bawah ini dan kemudian lebih dulu database kita Test dengan cara klik test :


















 Catatan:buatlah database terlebih dahulu,klu saya udah buat databasenya lhooo,Coba liat gambar di atas ada Database "Login"...

7.Tahap terakhir tinggal settingan di program VBnya,Bisa ga??Di toko buku banyak cara dan tehnik menguasai VB..Okay,sekedar Saran ja........
DI BAWAH INI ADA BOCORAN SEDIKIT 






cara koneksi ke mysql dari vb menggunakan mysql odbc

1.  Install vbnya
2.  Download mysql odbc-nya, install
3.  create database di mysql, misalnya infoonline
4.  use infoonline ==> create table mahasiswa
5.  masuk ke control panel, switch ke classic view aja.
6.  masuk ke Administrative Tools –> Data Source (ODBC)
7.  Di tag user DSN, klik Add
8.  pilih mysql odbc driver, –> klik finish
9.  akan tampil panel odbc connector
10. isi datasource name, misal ikhsanganteng, description (kosongin juga boleh),server(defaultnya localhost),User nya root, password (default kosong), pilih databasenya
11. Klik Test… (success, connection was made) berarti telah sukses buat koneksi, klik ok
12. Sekarang, masuk ke vbnya, klik menu project — > references — > pilih Microsoft ActiveX  Data  Objects 2.0 Library dan Microsoft ActiveX Data Object RecordSet 2.8 Library
13. Di project Explorer, tambahkan module, add module
14. Isikan coding koneksi dan seleksi mahasiswaysql dari vb menggunakan mysql odbc

 

Public con As New ADODB.Connection
Public rsmhs As New ADODB.Recordset
Public Sub konekdb()
Set con = New ADODB.Connection
‘ connection provider kalau ragu, ambil dari adodc,
‘build, isi bagian pada tag connection, isi datasource namenya,
‘pilih ikhsanganteng, ok, copy connection stringnya
con.Open “Provider=MSDASQL.1;Persist Security Info=False;Data Source=ikhsanganteng”
con.CursorLocation = adUseClient
End Sub
Public Sub seleksimhs()
Set rsmhs = New ADODB.Recordset
rsmhs.Open “select * from mahasiswa”, con, adOpenDynamic, adLockOptimistic
End Sub
——————-
Kalau udah, di form, tambahkan komponen datagrid, double klik formnya
‘tambahkan coding berikut pada form_Load
Private Sub Form_Load()
konekdb
seleksimhs
Set DataGrid1.DataSource = rsmhs
End Sub
——————–
Run (F5), selamat mencoba


Koneksi database mysql ke VB 6.0 tanpa komponen ADODC

Buatlah modul di dalam form utaman terlebih dahulu
Dengan cara klik pada Menu Project---->>>ADD Module
dan COPAS listing bukadatabase dibawah ini:

Option Explicit
Public koneksi As New ADODB.Connection
Public Rs As ADODB.Recordset

Public SqlInsert As String
Public SqlUpdate As String
Public SqlDelete As String
Public SQL As String
Public View As ListItem
Public i As Byte
Dim db_name As String
Dim db_server As String
Dim db_port As String
Dim db_user As String
Dim db_pass As String


Public Sub Bukadatabase()
db_name = "apotik"  'nama database anda
db_server = "localhost"  'server database anda
db_port = "3306"
db_user = "root"  'username db anda
db_pass = "root"  'isi jika db anda menggunakan password
    Set koneksi = New ADODB.Connection
   koneksi.ConnectionString = "DRIVER={MySQL ODBC 3.51 Driver};SERVER=" & db_server & ";DATABASE=" & db_name & ";UID=" & db_user & ";PWD=" & db_pass & ";PORT=" & db_port & ";OPTION=3"

    If koneksi.State = adStateOpen Then
        koneksi.Close
        Set koneksi = New ADODB.Connection
        koneksi.Open
    Else
        koneksi.Open
    End If
End Sub




Sekian dan terimakasih,semoga bermanfaat!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

3 komentar:

kak,, bisa minta koding untuk menyimpan datanya di Visual Basic 6.0....? yang koneksi dengan MySQL?

Slam knal dari saya

n makasih atas pencerahannya....

tank's vry much...

good good good

Poskan Komentar